PR: Ngabuburit Story in a Cerpen…..

untunglah pe-er satu ini gag jadi ilang. alhamdulillah….alhamdulillah….amien…”

Uchi terdiam di depan komputer tua miliknya. pikirannya melayang-layang, menjelajahi tiap neuron, tiap dendrite tiap akson otaknya. Ia tengah berusaha memanggil kembali segala rekaman ingatan yang berhubungan dengan ‘ngabuburit’. Beberapa hari yang lalu, sahabat Multiplynya yang bernama NengMetty menitahkan tugas ini untuknya. Menulis kisah Ngabuburit selama bulan Ramadhan……Tugas ini harus selesai. Karena kalau tidak tugas akan ditambah membuat surat untuk Om Noor yang seram…Uchi jelas lebih memilih mengerjakan tugas ‘Ngabuburit’ secepatnya.

* * *

Ngabuburit…….bagi uchi kecil yang masih imut dan polos istilah ini tak ada bedanya dengan bahasa makhluk Mars. Uchi kecil tak mengerti sama sekali. Baru saat SMP(atau SMA) istilah ini menjadi jelas maknanya…sejelas ‘ini Ani…ini Budi’

Ngabuburit diisi Uchi kecil dengan bermain-main…..sangat khas anak kecil. Biasanya Uchi, Kakaknya dan tetangga dekat rumah akan berkumpul di rumah salah satu dari mereka. Membawa satu kotak besar mainan. Isinya adalah ratusan pernik Bongkar pasang( permainan dari kertas mirip berbie…kita bisa mengganti-ganti baju sesuai denagn keinginan kita). Uchi kecil dan teman-teman akan membangun rumah si Berbie kertas. Rumah-rumah itu terbuat dari bullpen atau pensil yang di susun berbentuk segiempat sehingga menyerupai ruangan. Setelah itu mereka akan terbang tinggi dengan imajinasi unik mereka, memainkan si berbie sesuka hati. Pergi ke pesta, berenang, ke sekolah, menikah, tidur seharian…de el el.. Selain itu mereka juga memainkan monopoli(mainan wajib ngabuburit menurut survey saya) dan bulu tangkis. Permainan-permainan itu sebenarnya mereka mainkan setelah sahur samapi pagi hari ( semoga sudah masuk waktu ngabuburit. Hehehe)

Sore harinya…uchi kecil pasti sudah mandi pake sabun wangi lalu merengek-rengek minta pada si Ayah untuk jalan-jalan mencari makanan atau gorengan atau es degan.

* * *

Sejenak Uchi menghentikan gerakan jari-jarinya memencet tuts keyboard. Apa lagy ya tentang ngabuburit….seiring dengan berjalannya waktu ngabuburit setelah sahur itupun terhapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan( koq malah UUD 45?). dan sekarang sebagai anak kos, ngabuburit itupun berubah menjadi ritual keliling kompleks sekitar kos untuk mencari makan, rela antri bak antri sembako gratis….huhuhu padahal mbayar………..

sekian yang bisa saya sampaikan…..kurang lebihnya saya mohon maaf.

dengan ini saya, uchi mengumpulkan Pe-er Ngabuburit saya kepada Bu guru Metty. Bagaimana saksi.???…sah????

Advertisements

16 thoughts on “PR: Ngabuburit Story in a Cerpen…..

  1. huaa.. kurang detail dunk aah..eh tertarik neh cerita ngabuburit antre bli makanan hehe..kayak apa sih Chi sama gak yaa.. ama antre bli Minyak tanah hihi..Btw Uchi dulu suka main orang2an kertas yaa..pasti ada deh bekas bungkus rokok yg biasanya dijadiin tempat tidur 😀

  2. moestoain said: hiakakaka ga sah.. kok cuman dikit hahahahSABUDI (sastra budaya indonesia)mari kita jaga bersama!

    waduh….gag mw…!! pokoknya harus sah……….kan sikit-sikit lama-lama jadi bukit……………

  3. menatapmatahari said: Uch uch…lingga jg suka maen bongkar pasang…maen bareng yuuuk…

    tok tok tok…mbak lingga….!!!!!!!!mbak lingga….!!!!!maen yuk………………….ternyata permainan anak jawa n bengkulu gag jauh beda ya…..

  4. nitafebri said: huaa.. kurang detail dunk aah..eh tertarik neh cerita ngabuburit antre bli makanan hehe..kayak apa sih Chi sama gak yaa.. ama antre bli Minyak tanah hihi..Btw Uchi dulu suka main orang2an kertas yaa..pasti ada deh bekas bungkus rokok yg biasanya dijadiin tempat tidur 😀

    yah……………..bisanya cuma segitu mbak nita…………iya…soalnya kan emang daerah kos-an jadi anak-anak kos merajalela…ahhahawa…iya-iya……pokoknya tuh permainan bisa bikin kreatif…….semua bisa dipake….dari….pita kecil-kecil….kardus bekas….kain-kain….wes…semua pokoe bisa dimanfaatkan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s